Krisis Finansial Global bagi Mahasiswa

Sepertinya sudah tidak diperlukan lagi penjelasan rumit dan panjang lebar mengenai apa itu krisis global, karena sudah begitu banyak yang menjelaskannya dengan berbagai versi tentang apa itu krisis global dan analisis-analisisnya termasuk bagaimana cara menghadapinya. 😛

Sebagai anak kos, beberapa tentunya merasakan bahwa krisis ini membawa akibat tersendiri bagi kondisi masing-masing, sebagai contoh bahwa telat atau berkurangnya kiriman uang dari orangtua, meningkatnya harga-harga, dan segala hal yang mungkin akan terjadi.

Sebagaimana judul di atas, saya akan menuangkan sedikit pandangan saya tentang kondisi ini.
Mari disimak satu-persatu.
Krisis finansial global adalah..

Awal yang baik untuk mulai cari duit sendiri

Kenapa tidak? Misalnya Anda adalah seorang anak kos, kan Anda tidak tau apakah orangtua bisa tetap mengirim uang sebagaimana jumlah biasanya. Atau bahkan apakah mereka tetap bisa mengirim uang. Dengan mulai cari duit sendiri, setidaknya bisa mengantisipasi beberapa kemungkinan kondisi yang akan menghantam pada beberapa bulan ke depan.

Waktunya belajar berhemat

Ini tidak perlu penjelasan mendalam karena tentunya semua sudah tau. Banyak cara untuk berhemat, terserah mau pake yang mana, asalkan dalam batas yang wajar. 😛

Parameter kualitas mental

Ketika seseorang ada dalam kondisi baik, mental sesungguhnya dari orang tersebut tidak akan cukup mudah terlihat. Tetapi ketika ban motornya bocor di tengah jalan, ketika kiriman bulanan bermasalah, ketika mengalami perbenturan jadwal kegiatan, dan berbagai macam kondisi sulit lainnya, ketika itulah dapat terlihat kualitas mental orang tersebut. 😉

Cukup sekian dulu poin-poin yang saya sampaikan. Kalau terpikir, mungkin suatu saat akan ditambah lagi.

Sebenarnya poin-poin tersebut nggak hanya khusus untuk mahasiswa saja. Siapapun bisa menerapkan sebagian atau seluruh poin tersebut. Tulisan ini terbuka untuk siapa saja. 😀

Baca juga:

MANAJEMEN PHK VS KRISIS FINANSIAL GLOBAL « Rona Wajah
Korelasi Krisis Global dan Peran Eksekutif « Amanura – Blognya Lare Using
krisis global « Girlly
Global markets take a beating again « Industri Kelapa Sawit
Korelasi Balon dan Krisis Global « …..Cuma ini…….
Gonjang-Ganjing Krisis Global « Memahami Diri
VAR, Black Swan, Fat Tails, Krisis dan Kelemahan Model Finance « John D. Item – Reksadana Blog
Krisis Global « Blog ZULKIFLI
Krisis Kredit Amerika, Kisah Kegagalan Sektor Finansial (1) « Jangan Serakah : Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
Gara-gara Krisis, Pengembang Papan Atas Tunda Bangun Hotel « Jakarta FOOTNOTE
Membaca Bencana Finansial Krisis Finansial Global dengan Kacamata Indonesia « Pecinta dan Pembaca Buku Populer
Konspirasi di Finansial Amerika « Revolusi Sains Indonesia
70.000 Buruh Terancam PHK « Boemilangit’s Blog
KRISIS GLOBAL….PHK MASAL… « WiTa WeBlog
Lowongan Kerja Di Tengah Krisis Global « INTERDISCIPLINARY
Bencana Krisis Global « INTERDISCIPLINARY
Ayo… Ramai-Ramai PHK di Tengah Krisis Global! « Imron Munfaat
Saatnya Meninggalkan Ekonomi Neo Liberalisme « Mbojo Resource Lab
Indonesia dan India Paling Positif Hadapi Krisis Global « Syamsa Hawa Khairi
Berkah Krisis Global Untuk Si Pembual (by Yudi Pram) « Yudipram Knowledge Brokering Forum
Resesi oh…resesi « Agnes Monica
PERITEL TAHAN EKSPANSI, Pelemahan Rupiah Guncang Industri @ mesin kasir « MESIN KASIR | BARCODE | RITEL
Info : Krisis Global Buah Dari Keserakahan Amerika « Membangun Ideologi Diri
Bagaimana Menghadapi Krisis Global « All Download is Free, Welcome….
Krisis Global dan Revitalisasi Koperasi « pinusdesember
Telaah Terhadap Akar Krisis Keuangan Global « Pioner2b’s Weblog
Kaum Kaya Pun Tidak Bisa Tidur Nyenyak « indienesia
Akar Krisis Finansial Global Ketamakan dan Tak Ada Etika Bisnis « Blog Mapresiden
Tiga Arah dan Fokus Pemerintah Atasi Krisis « chris’GALLERY
Republik Islandia Terancam Bangkrut « eddy punya cerita
Kalau Langit Masih Kurang Tinggi « bisik-bisik
Reaksi Bos menghadapi krisis global (Lucu abis!!) « Lucu, Keindahan, Tehnologi
Wakaf dan Solusi Krisis Ekonomi Global « Sury4d1f4jr1’s Blog
2009 Tahunnya Pengangguran « Arif Hidayatullah
Krisis Global Merambah Pasaman Barat « ..::IKATAN MAHASISWA PASAMAN BARAT::..
110 Economics Planning « Kekayaan Negara & Perimbangan Keuangan
DUNIA DIPENUHI KRISIS « clumzycaffein™
“Iman Ditengah Krisis” « Persekutuan Usia Kerja

Selamat tahun baru..! 🙂

Iklan

16 tanggapan untuk “Krisis Finansial Global bagi Mahasiswa

  1. Menarik. 🙂

    btw, ada tips2 untuk meningkatkan kualitas mental. suka paranoid sendiri kalo dalam keadaan terdesak. mungkin ada yang bisa bantu…

    thx.

  2. @ ayawjeweltz: Salam kenal juga. Blog ini masih terbilang baru, lagian saya cuma ingin sedikit memotivasi saudara-saudara dan saya sendiri. 🙂

    @ Jabizri: Saya sendiri kalo terdesak paling ya tetap jalan terus sambil tetap berdoa. Sukses tidaknya urusan belakangan, tapi sebisa mungkin ada tindakan yang diambil. 🙂

    @ Rea_sekar: Lha.. masa iya? Padahal cuma 3 poin lho. 😛

  3. salam kenal yah. kalau masalah krisis aku kayaknya dah lama alami deh. tapi satu jangan pernah menyerah. karna jika kita menyerah maka kita tak akan mengalami manisnya hidup. kalau kagak percaya silakan dicoba.
    aq senang dengan tulisan kamu……

  4. artikel menarik bung…..ini mengingatkan saya awal tahun 60an sebagai anak kos-an di bogor……segala sumber kehidupan serba terbatas sebagai akibat dari resiko politik sebagai panglima……sempat makanan keseharian saya di tempat kos berupa nasi jagung plus daging ikan asin dan tempe dan kerupuk kampung selama setahun…..sempat juga niatan jadi loper koran…..prihatin……..

  5. Awal yang baik untuk mulai cari duit sendiri

    Kenapa tidak? Misalnya Anda adalah seorang anak kos, kan Anda tidak tau apakah orangtua bisa tetap mengirim uang sebagaimana jumlah biasanya. Atau bahkan apakah mereka tetap bisa mengirim uang. Dengan mulai cari duit sendiri, setidaknya bisa mengantisipasi beberapa kemungkinan kondisi yang akan menghantam pada beberapa bulan ke depan.

    Persis seperti postingan terakhir blog saya.

  6. @ iwanbuton: Ada kalanya kita mesti berjuang, dan ada kalanya berdiam sejenak. Kedua-duanya harus pada waktu yang tepat. Terimakasih banyak, dan salam kenal kembali. 🙂

    @ sjafri mangkuprawira: Masing-masing kita memang memiliki kisah yang berbeda-beda sebagai anak kos. Saya saja sekarang masih mempertimbangkan pekerjaan apa yang layak buat sekedar tambahan penghasilan, nggak hanya mengharapkan kiriman orangtua. 🙂

    @ Rian Xavier: Benarkah?
    *cek tkp*

    @ hellgalicious: Ya, baru bikin (lagi). 😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s